Pemilihan Material Dinding

Material dinding

Untuk mendapatkan sebuah bangunan yang kokoh dan mempunyai nilai estetika yang tinggi berawal dari pemilihan material bangunan terbaik. Salah satu unsur bangunan yang mempunyai peranan penting adalah dinding.

Pemilihan material dinding mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap hal tersebut. Saat ini banyak altermatif material dinding seperti batako, batu bata ataupun bata ringan (hebel). Berikut akan dipaparkan satu persatu kelebihan serta kekurangan masing-masing material

  1. Batako

Batako merupakan material dinding yang terbuat dari sampuran semen PC,pasir dan abua batu. Penggunaan batako sebagai material dinding bisa menghemat plesteran 75% dan berat dinding 50 % sehingga mengurangi beban pondasi. Selain itu jika dicetak dengan kualitas yang bagus dan presisi tidak memerlukan plesteran +acian lagi untuk finishing.

Kekurangan penggunaan batako adalah lebih rawan terjadi keretakan pada plesteran. Hal ini dikarenakan plesteran perekan yang digunakan sedikit sehingga jika terjadi penurunan pada pondasi maka dinding sering retak. Selain itu karena material batako berlubang didalalmnya, mka kita tidak bisa memasang gantungan pada tembok dengan kuat.

  1. Batu Bata

Material yang palingumum digunakan pada dinding adalah penggunaan batu bata merah. Hal ini dikarenakan batu bata merah mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan batako. Selain itu, finishing pada batu bata merah dapat dibuat dengan plasteran yang tebal sehingga hasilnya lebih flat dan rata.

  1. Bata Ringan (hebel)

Bata ringan atau sering disebut hebel atau celcon dibuat dengan mesin pabrik. Bata cukup ringan, halus dan mempunyai tingkat kerataan yang tinggi.  Penggunaan bata ringan  tidak memerlukan plesteran yang tebal karena mempunyai tingkat kerataan yang sangat tinggi.

Kekurangan penggunaan bata ringan adalah harganya yang cukup mahal terutama dengan luasan bangunan yang sedikit.

Dari ketiga material diatas Anda dapat memilih material yang cocok terutama dari segi harga. Akan tetapi Anda perlu lebih memperhatikan kekurangan dan kelebihan masing-masing material sehingga tidak menyesal dikemudian hari.

( artikel by : dimasj.prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *