Lantai Mezzanine Solusi Ruang Tambahan Pada Rumah

Rumah minimalis sekarang ini sering kali memiliki ukuran lahan yang terbatas, sehingga kesulitan jika ada kebutuhan ruang tambahan. Pada umumnya penambahan ruang dilakukan dengan cara ekspansi di lantai dasar atau bisa juga dengan penambahan lantai atas atau dibuat menjadi 2 lantai. Jika lahan terbatas maka ekspansi lantai dasar tidak mungkin dilakukan, tetapi untuk ekspansi ke lantai atas memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu ada alternatif solusi lain penambahan ruangan dengan menambahkan lantai mezzanine.

Mezanin biasanya tidak dihitung sebagai sebuah lantai tersendiri. Namun, cara ini bisa dipilih bagi Anda yang masih membutuhkan ruang lama, namun pada saat bersamaan membutuhkan ruang baru.

Dalam teori arsitektur maupun interior, mezanin biasanya tidak dihitung sebagai sebuah lantai tersendiri. Namun, cara ini bisa dipilih bagi Anda yang masih membutuhkan ruang lama, namun pada saat bersamaan membutuhkan ruang baru.
Pada hunian terbatas, konsep mezanin berorientasi secara vertikal. Hal ini membuat lahan yang terbatas menjadi lebih efisien. Simak beberapa tips berikut ini:
Ketinggian ruang
Memastikan ketinggian dan luas ruang menjadi syarat utama sebelum Anda membuat mezanin. Jarak lantai sampai plafon harus memungkinkan untuk ruang baru ini, serta luasnya dapat dimanfaatkan berbagai aktivitas tambahan.
Teknik membangun
Teknik membangun mezanin pada prinsipnya sama dengan teknik bangunan setengah tingkat, hanya beberapa ruang saja yang mengalami peningkatan. Perhatikan pula saat menentukan ruang-ruang baru untuk mezanin ini. Tentukanlah ruang dengan pertimbangan ruang privat pada bagian tertutup, sementara ruang publik pada bagian terbuka.
Akses
Hal lainnya adalah akses masuk menuju mezanin, apakah melalui satu akses saja atau berbeda. Pergunakan akses tangga yang tidak terlalu memakan banyak ruangan.
Sumber : http://properti.kompas.com/ disunting dan disesuai oleh tim desaingriya.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *