Tips Pemilihan Material Lantai

Lantai merupakan bagian dari rumah yang cukup memerlukan perhatian lebih. Hal ini dikarenakan lantai menjadi bagian utam rumah yang setiap hari bersentuhan langsung dengan pemilik rumah.

Beragam material lantai yang ada sekarang ini memberikan kepada kita alternatif-alternatif lantai yang dapat dipergunakan. Dianta pilihan material lantai masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan antara lain

1. Keramik

lantai keramik

Keramik merupakan salah satu material yang paling umum digunakan pada sebuah rumah. Material ini mempunyai kelebihan dintaranya mudah dalam pemasangan. Hal ini karena material keramik mempunyai beban yang cukup ringan dengan ketebalan hanya 8mm. Harga keramik sangat bervariasi tergantung ukuran dan kualitasnya. Di pasaran keramik dijual dengan kemasan tiap 1 m2 dengan harga mulai dari 55.000/m2- hingga 120rb/m2.  Jika akan membeli keramik belilah keramik kw-1 agar ukuran lebih presisi sehingga sewaktu pemasangan akan lebih mudah dan rapih. Kekurangan keramik ada pada pemakaian nat yang cukup lebar, hal ini dikarena sudut pada tepi keramik berbentuk lengkung sehingganat keramik terlihat lebih lebar dibandingkan granit.

2. Granitetile

granittile

Granittile atau homogeuneoustile dipasaran sering disebut dengan granit. Sebetulnya granitetile mrupakan granit pabrikasi dengan sistem pembakaran seperti halnya keramik. Perbedaan dari keramik yaitu granit di cetak dengan skala besar kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan, sedangkan keramik dicetak satu per satu.

Hal lain yang membedakan dengan keramik yaitu mengenai ketebalan, granit mempunyai ketebalan lebih tebal dibanding keramik. Tebal granit berkisar 1,5 cm. Cara pemasangan granit pun berbeda dengan keramik. Granit bisa dipasang dengan nat yang hampir tidak terlihat sehingga kesan rata sangat dirasakan pada lantai yang ditutup dengan granit. Harga granit juga bervariasi mulai dari 90rb- 130rb/m2 tergantung kualitas granit.

3. Marmer / Granit Alam

lantai marmer

Marmer merupakan penutup keramik yang diambil dari alam yang terbuat dari mineral batu kapur yang berumur jutaan tahun yang lalu. Harga marmer terbilang cukup mahal karena kesediaan material yang terbatas berkisar antara 300-400rb/ m2. Marmer atau granit juga sering dipakai untuk meja dapur atau kitchen set karena bahan ini tidak menyerap larutan dengan pori-pori yang sangat halus.

4. Lantai semen polos

lantai semen

Lantai semen polosatau sering diistilahkan pelur lantai merupakan penutup lantai yang murah dan berkesan natural. Lantai semen saat ini sering dipakai untuk rumah karena menghasilkan kesan unfinish serta memperlihatkan kesan “jujur ” pada material.

Bahan utama yangdigunakan adalah campuran semen dan pasir halus dengan perbandingan 1:1. Ukuran ketebalan sekitar 2-3 cm. Kemudian untuk lapisan atas digunakan semen dicampur air saja dengan ketebalan 2 mm. Harga pembuatan lantai semen sama dengan harga borongan plester aci yaitu berkisar 75rb-85rb/m2.

Setelah memahami kelebihan serta kekurangan masing-masing material penutup lantai Anda dapat mempertimbangkan material mana yang lebih cocok untuk Anda. Kami merekomendasikan untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Sebaiknya  jangan memaksakan untuk menggunakan material dengan kualitas rendah seperti Kw-2 atau Kw-3. Sehingga hasil yang Anda dapatkan pun lebih memuaskan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *